Pengertian Non Probability Sampling dan Jenisnya

Pengertian Non Probability Sampling dan Jenisnya
Non Probability Sampling
A. Pengertian Non Probability Sampling
Non Probability Sampling adalah teknik sampling yang memberi peluang atau kesempatan tidak sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Di mana pemilihan elemen-elemen sampel didasarkan pada kebijaksanaan peneliti sendiri. Dengan demikian temuan hasil studi yang menggunakan sampling jenis ini tidak dapat langsung digeneralisasikan sebagai hasil penelitian terhadap populasi.

Pengertian Non Probability Sampling Menurut Para Ahli
1. Sugiyono (2016), non probability sampling adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yang tidak memberi kesempatan atau peluang yang sama bagi setiap anggota populasi atau setiap unsur untuk dipilih menjadi sebuah sampel.
2. Ridwan (2015), non probability sampling adalah teknik sampling yang tidak memberikan peluang atau kesempatan pada setiap anggota populasi untuk dijadikan sebagai anggota sampel.

B. Jenis Non Probability Sampling
1. Convenience Sampling, jenis convenience sampling ini dipilih oleh peneliti jika peneliti telah mempunyai informasi tentang elemen yang memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai sampel penelitian tersebut.
2. Purposive Sampling, adalah metode penetapan sampel dengan cara menentukan target dari elemen populasi yang diperkirakan paling cocok untuk dikumpulkan datanya.
3. Judgement Sampling, jenis judgement sampling dilakukan jika peneliti menentukan subjek dari sampel yang terpilih berdasarkan penilaian/judgement dari peneliti saja.
4. Quota Sampling, adalah jenis lain dari purposive sampling, di mana dalam penentuan banyaknya jumlah elemen yang terpilih sebagai sampel akan ditentukan berdasarkan quota maksimal sebanding dengan komposisi masing-masing kelompok tersebut.
5. Sampling Aksidental, adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yakni siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data.
6. Snowball Sampling, adalah suatu penentuan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil, kemudian sampel ini disuruh memilih teman-temannya untuk dijadikan sampel. Begitu seterusnya, sehingga jumlah sampel semakin banyak.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Non Probability Sampling dan Jenisnya"