Pengertian Grafik Garis, Ciri, Langkah Pembuatan, dan Contohnya

A. Pengertian Grafik Garis
Grafik garis (plot garis atau bagan garis) adalah jenis grafik yang menggambarkan beberapa data dalam bentuk garis atau kurva. Grafik garis digunakan untuk menggambarkan suatu perkembangan atau perubahan data dari waktu ke waktu. Grafik garis memiliki 2 sumbu utama yaitu sumbu X dan sumbu Y.

Grafik garis menggunakan “penanda” titik data yang dihubungkan dengan garis lurus untuk membantu visualisasi. Jenis grafik ini membantu dalam menggambarkan perubahan nilai dari waktu ke waktu. Sumbu X digunakan untuk menunjukkan waktu pengamatan. Sedangkan sumbu Y digunakan untuk menunjukkan nilai dari hasil pengamatan pada waktu-waktu tertentu.

Waktu dan hasil pengamatan dibuat dengan titik-titik pada bidang XY. Kemudian dari masing-masing titik yang berdekatan dihubungkan dengan garis, sehingga akan menghasilkan grafik garis.

B. Ciri Grafik Garis
1. Grafik garis menghubungkan titik data individual yang, biasanya, menampilkan nilai kuantitatif selama interval waktu yang ditentukan.
2. Garis grafik terdiri dari dua sumbu: sumbu x (horizontal) dan sumbu y (vertikal), secara grafis dilambangkan sebagai (x, y).
3. Berkenaan dengan bidang analisis teknis, grafik garis cukup informatif dalam memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan tren, yang dapat sangat membantu mereka dalam analisis mereka.

C. Langkah Pembuatan Grafik Garis
1. Atur poros secara horizontal atau mendatar dan vertikal atau tegak.
2. Tulis nilai atau nama data pada sumbu horizontal dan frekuensi setiap nilai atau nama pada sumbu vertikal dan informasi pada label pada kedua sumbu.
3. Buat poin yang cocok dengan nilai / nama setiap data dengan frekuensinya.
4. Bergabunglah dengan poin yang dibuat dengan garis lurus.
5. Beri nama diagram tersebut berdasarkan data yang diberikan.

D. Contoh Grafik Garis

Contoh Grafik Garis
Contoh Grafik Garis

Dari berbagai sumber 

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Grafik Garis, Ciri, Langkah Pembuatan, dan Contohnya"