Pengertian Departemen dan Departemen dalam Perusahaan

Pengertian Departemen dan Departemen dalam Perusahaan
Departemen dalam Perusahaan
A. Pengertian Departemen
Istilah departemen dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengacu pada beberapa pengertian di antaranya,
1. Lembaga tinggi pemerintahan yang mengurus suatu bidang pekerjaan negara yang dipimpin seorang menteri;
2. Bagian dari fakultas, biasanya dipimpin oleh ketua jurusan (departemen) yang menggarap sekelompok disiplin ilmu yang tercakup dalam suatu bidang studi tertentu;
3. Cabang pekerjaan yang dikepalai oleh manajer tunggal

Demikian, departemen merupakan suatu bagian yang memiliki tugas spesifik dari suatu organisasi yang lebih besar.

B. Pengertian Departemen dalam Perusahaan
Departemen dalam perusahaan merupakan bagian dalam suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki tugas spesifik. Biasanya satu bagian departemen dapat menjalankan beberapa fungsi departemen lainnya.

Beberapa departemen yang sering ditemui pada suatu perusahaan di antaranya,
1. Departemen Sales & Marketing, merupakan sebuah divisi yang bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
2. Departemen HRD (Human Resource Departemen), merupakan bagian dalam perusahaan atau organisasi yang memiliki tugas untuk mengelola sumber daya manusia dan karyawan. Mulai dari perencanaan, recruitment dan seleksi karyawan baru.   
3. Departemen Pembelian, merupakan bagian dari perusahaan yang berfungsi untuk pengadaan barang apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mulai dari kebutuhan internal kantor sampai dengan kebutuhan akan untuk memproduksi suatu produk.
4. Departemen Production, merupakan bagian dari perusahaan yang berhubungan langsung dengan proses pembuatan barang. Mulai dari proses pengolahan bahan baku sampai barang jadi dan sampai barang tersebut siap untuk dijual.
5. Departemen GA (Quality Assurance), merupakan bagian dalam perusahaan yang mengatur mengenai standar kualitas barang yang bermutu. Supaya tidak ada produk yang kurang baik terjual.
6. Departemen Accounting, merupakan bagian yang mengatur keuangan perusahaan sampai dengan menghasilkan laporan keuangan.
7. Departemen Warehouse, merupakan bagian yang mengatur mengenai ketersediaan stok barang yang akan dijual serta menyimpan dan menampung barang yang akan dijual. Departemen warehouse, biasa disebut juga dengan departemen gudang yang mana departemen ini merupakan bagian akhir dari proses pembuatan barang.
8. Departemen IT (Information Technology), merupakan bagian yang memiliki tugas dalam bidang jaringan dan komputerisasi yang mendukung aktivitas pekerjaan dalam suatu perusahaan.
9. Departemen PPIC (Product Planning Inventory Control), merupakan bagian dalam perusahaan yang berfungsi untuk merencanakan  dan mengontrol proses produksi. Mulai dari penyediaan bahan baku sampai dengan barang jadi yang siap dijual.
10. Departemen GA (General Affair), merupakan bagian dalam perusahaan untuk mengelola pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh pekerja atau karyawan.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Departemen dan Departemen dalam Perusahaan"