Pengertian Statistik, Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya

Pengertian Statistik
Statistik
A. Pengertian Statistik
Pengertian statistik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah catatan angka-angka (bilangan); perangkaan; data yang berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala. Secara umum statistik banyak digunakan dalam studi di berbagai bidang, seperti ekonomi, bisnis, manufaktur, pemasaran, dan lainnya. Dengan statistik itu akan mendapatkan kesimpulan dan memfasilitasi proses pengambilan keputusan.

Statistik juga bisa diartikan sebagai seperangkat metode dan aturan mengenai pengumpulan, analisis, pemrosesan, dan interpretasi data dari angka-angka yang menjelaskan data atau pengamatan. Sementara, secara etimologis kata “statistik” berasal dari bahasa Latin, yakni “status” yang artinya negara atau yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli
1. Prof. Dr. Sudjana, M. A., M.Sc., statistik adalah suatu pengetahuan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, analisisnya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilaksanakan.
2. Anderson & Bancroft, statistik adalah ilmu dan seni perkembangan dan metode yang paling efektif untuk pengumpulan, pentabulasian, dan interpretasi data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasarkan pada matematik probabilitas (peluang).
3. Prof. Dr. H. Agus Irianto, statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.
4. Anto Dajan, statistik adalah data kuantitatif baik yang masih belum tersusun maupun yang telah tersusun dalam bentuk tabel.
5. Croxton dan Cowden, statistik adalah metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menginterpretasikan data yang berwujud angka.

B. Fungsi Statistik
Dua fungsi utama statistik yang sangat penting untuk kegiatan penelitian di antaranya,
1. Fungsi Deskriptif, adalah fungsi statistik untuk menggambarkan, menjelaskan data dan peristiwa, yang dikumpulkan melalui proses penelitian dan investigasi yang belum menggeneralisasi atau menarik kesimpulan tentang populasi yang diteliti.
2. Fungsi Inferensial, adalah fungsi statistik untuk memprediksi dan mengendalikan seluruh populasi berdasarkan data, gejala, dan peristiwa dalam proses penelitian. Fungsi ini dimulai dengan membuat estimasi dan hipotesis.

C. Tujuan Statistik
Lima tujuan utama dari statistik di antaranya,
1. Untuk membuat deskripsi atau menjelaskan data tentang populasi yang sedang diselidiki.
2. Untuk membantu membuat estimasi nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang dianalisis.
3. Untuk membuat perkiraan konsekuensi dari hipotesis yang diterima. Estimasi ini nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.
4. Untuk mengurangi jumlah populasi besar dalam ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah dipahami.

D. Jenis Statistik
Berdasarkan kriteria tertentu statistik dibedakan menjadi beberapa jenis di antaranya,
1. Berdasarkan Orientasi Pembahasan
a. Statistik matematika, yaitu statistik yang lebih mengedepankan pemahaman terhadap model, rumus-rumus statistika secara matematika-teoritis, penurunan konsep. Misalnya, uji normalitas, analisis regresi, galat, dan lain-lain.
b. Statistik terapan, yaitu statistik yang lebih mengedepankan pada pemahaman konsep, teknik statistika, serta penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

2. Berdasarkan Fase dan Tujuan Analisis
a. Statistik deskriptif, yaitu statistik yang berhubungan dengan pengumpulan pengolahan, analisis, dan penyajian data tanpa adanya kesimpulan secara umum. Bentuk statistik in umumnya dalam tabel, grafik, diagram, modus, dan lain-lain.
b. Statistik inferensial, yaitu statistik yang prosesnya memungkinkan diambilnya kesimpulan secara umum terhadap data yang diolah.

3. Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data
a. Statistik parametik, yaitu statistik yang dilakukan berdasarkan model distribusi normal.
b. Statistik non-parametik, yaitu statistik yang dilakukan dengan metode distribusi bebas atau tidak berdasarkan pada model distribusi normal.

4. Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat
a. Statistik univariat, yaitu statistik yang hanya mempunyai satu variabel terikat.
b. Statistik multivariat, yaitu statistik yang mempunyai lebih dari satu variabel terikat. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Statistik, Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya"