Pengertian Manfaat Penelitian dan Jenisnya

Pengertian Manfaat Penelitian dan Jenisnya
Manfaat Penelitian

A. Pengertian Manfaat Penelitian
Dalam penulisan laporan penelitian, peneliti menuliskan manfaat penelitian di bagian tujuan penelitian karena keduanya terkait erat. Manfaat penelitian adalah keuntungan atau potensi yang bisa diperoleh oleh pihak-pihak tertentu setelah penelitian diselesaikan. Dalam manfaat penelitian ini harus diuraikan secara terperinci manfaat atau apa gunanya hasil penelitian nanti.

Bisa juga dikatakan bahwa manfaat penelitian merupakan kegunaan hasil penelitian, baik bagi kepentingan pengembangan program maupun kepentingan ilmu pengetahuan. Demikian, pada umumnya, manfaat penelitian dibagi menjadi dua yaitu manfaat teoretis atau akademis dan manfaat praktis.

B. Jenis Manfaat Penelitian
1. Teoretis atau Akademis, ialah manfaat penelitian dari aspek teoretis, yaitu manfaat penelitian bagi pengembangan ilmu.
2. Praktis atau Aplikatif, ialah manfaat penelitian dari aspek praktis atau aplikatif, yaitu manfaat penelitian bagi program.
 

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Manfaat Penelitian dan Jenisnya"