Pengertian Kompleks dan Kompleksitas

Pengertian Kompleks dan Kompleksitas
Kompleks dan Kompleksitas
Istilah kompleks dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merujuk pada beberapa pengertian di antaranya,
1. Mengandung beberapa unsur yang pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan
2. Sistem gagasan yang tertekan atau dikuasai oleh emosi sehingga dapat menimbulkan tingkah laku yang tidak wajar
3. Himpunan kesatuan; kelompok

Kompleks adalah suatu kesatuan yang terdiri dari sejumlah bagian, khususnya yang memiliki bagian yang saling berhubungan dan saling tergantung. Sementara istilah kompleksitas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kerumitan; keruwetan.

Kompleksitas berasal dari kata dasar kompleks yang diambil dari kata dalam bahasa Inggris complex yang artinya rumit, sedangkan kompleksitas artinya kerumitan. Kompleksitas adalah kualitas yang memungkinkan sesuatu tersusun dari sejumlah besar unsur, yang diatur secara lebih ketat di antara unsur-unsur itu.

Pengertian lain kompleksitas adalah suatu skala berkelanjutan yang dapat diaplikasikan pada bidang manajemen P3 yang berbeda. Tingkat kompleksitas mempengaruhi cara penyesuaian fungsi, metode, dan kompetensi.

Kompleksitas  merupakan suatu indikator mengenai hubungan di dalam suatu proyek, program, atau portofolio yang memengaruhi bagaimana cara suatu hubungan akan dikelola dan keahlian yang dibutuhkan untuk mengelolanya. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Kompleks dan Kompleksitas"