Pengertian Kesadaran, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Kesadaran
Kesadaran
A. Pengertian Kesadaran
Pengertian kesadaran dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti keinsafan; keadaan mengerti; hal yang dirasakan atau dialami oleh seseorang. Secara harfiah, kesadaran sama artinya dengan mawas diri (awareness). Kesadaran juga bisa diartikan sebagai kondisi di mana seorang individu memiliki kendali penuh terhadap stimulus internal maupun stimulus eksternal.

Kesadaran juga mencakup dalam persepsi dan pemikiran yang secara samar-samar disadari oleh individu sehingga akhirnya perhatiannya terpusat. Refleksi merupakan bentuk dari pengungkapan kesadaran, di mana ia dapat memberikan atau bertahan dalam situasi dan kondisi tertentu dalam lingkungan. Setiap teori yang dihasilkan oleh seorang merupakan refleksi tentang realitas dan manusia.

Kesadaran bersifat itensional dan tidak dapat dipisahkan di dunia. Kesadaran tidak sama dengan benda-benda. Kesadaran selalu terarah atau berhadapan dengannya. Bahwa kesadaran saya akan sesuatu juga menyatakan adanya perbedaan antara saya dan sesuatu itu. Saya tidak sama dengan sesuatu yang saya sadari ada jarak antara saya dengan objek yang saya lihat.

Pengertian Kesadaran Menurut Para Ahli
1. Freud, kesadaran adalah bagian kecil dari jalannya kehidupan psikis makhluk hidup, sehingga hubungan atau perbandingan antara kesadaran dan ketidaksadaran dalam kehidupan lebih banyak dilalui dengan ketidaksadaran.
2. Carl Gustav Jung, kesadaran terbagi menjadi dari 3 macam, yang mana satu denga lainnya saling keterkaitan, yaitu kesadaran, ketidaksadaran kolektif (collective unconscious), dan ketidaksadaran pribadi.
3. Bucke, kesadaran manusia adalah bentuk realitas transpersonal yang bersifat terbuka, sehingga mampu melahirkan pandangan yang didasarkan pada pengalaman.

B. Fungsi Kesadaran
1. Membuat keputusan
2. Mengendalikan, merencanakan, memulai dan mengarahkan tindakan.
3. Memantau perilaku dan penyesuaian perilaku.
4. Menyiapkan diri jika menghadapi masalah, dan mencari jalan keluar terhadap suatu masalah, atau penyesuaian diri bila lingkungan terasa asing.

C. Jenis Kesadaran
1. Kesadaran Pasif, kesadaran pasif bisa diartikan sebagai bentuk kesadaran yang dilakukan makhluk hidup dalam menerima berbagai bentuk stimulus internal dan eksternal.
2. Kesadaran Aktif, kesadaran aktif  ialah suatu bentuk kesadaran yang dialami makhluk hidup dalam kehidupannya, yang mana ia selalu mencari, menelaah, dan menyeleksi pandangan yang ada. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Kesadaran, Fungsi, dan Jenisnya"