Pengertian Warisan Biologis (Heredity)

Pengertian Warisan Biologis atau Heredity
Warisan Biologis (Heredity)
Warisan biologis adalah semua hal yang di terima seseorang sebagai manusia melalui gen kedua orang tuanya atau sifat turunan dari kedua orang tua. Warisan biologis juga dikenal sebagai warisan fisik, mengacu pada karakteristik genetik yang diturunkan dari seorang ayah ke keturunannya. Warisan, atau suksesi dalam pengertian biologis, mengacu pada karakteristik fisik yang diwarisi keturunan dari orang tuanya.

Karakteristik-karakteristik ini termasuk warna mata, bentuk hidung dan mulut, tinggi badan dan karakteristik fisik lain yang menonjol. Karakteristik yang dapat diwariskan dari generasi ke generasi disebut sebagai warisan. Karakteristik ini ditularkan dari orang tua kepada anak-anak dan mencakup karakteristik fisik yang mungkin memiliki kode genetik dan struktur sel yang unik.

Pada organisme yang bereproduksi secara seksual, karakteristik kedua orang tua digabungkan dan diteruskan ke keturunan mereka yang belum lahir. Karakteristiknya mengandung atribut unik ibu dan ayah, tetapi juga mengandung komponen baru; anak-anak berbagi banyak hal dengan orang tua mereka, tetapi mereka juga memiliki banyak perbedaan seluler dan fisik.

Selain karakteristik fisik, warisan juga mencakup proses keturunan memperoleh karakteristik orang tua mereka. Proses ini disebut ekspresi gen dan pada dasarnya adalah sistem pertukaran informasi yang kompleks. Warisan biologis berpengaruh pada perilaku kehidupan manusia, misalnya pada pembentukan sifat kepemimpinan, pengendalian diri, sikap, dan minat. Setiap manusia memiliki sifat biologis yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, walaupun pada dua orang lahir kembar identik.

Adanya perbedaan jenis kelamin, kecerdasan, kekuatan jasmani, kecantikan, dan sebagainya akan dapat berpengaruh pada perbedaan kepribadian orang-orang yang memilikinya. Banyak ilmuwan berpendapat bahwa perkembangan potensi warisan biologis dipengaruhi oleh pengalaman seseorang. Bakat yang dimiliki seseorang memerlukan anjuran, pengarahan, dan latihan untuk mengembangkan diri melalui kehidupan bersama dengan manusia lain.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Warisan Biologis (Heredity)"