Pengertian Tipe Ritualisme dalam Penyimpangan Sosial

Pengertian Tipe Ritualisme dalam Penyimpangan Sosial
Ritualisme

Ritualisme merupakan salah satu dari empat tipe adaptasi yang dilakukan individu terhadap lingkungan sosialnya menurut Robert K. Merton. Merton menganggap ritualisme sebagai sikap individu yang bersedia menerima sarana yang telah ditetapkan oleh masyarakat, tetapi kehilangan tujuan secara budaya. Ritualis terus berlangganan sarana yang ditetapkan masyarakat, tetapi mereka telah menolak tujuan keseluruhan.

Misalnya, kamu pasti pernah mendapatkan beasiswa, baik dari pemerintah atau dari lembaga lainnya, nah salah satu syarat yang mungkin akan kamu lewati, yaitu terus mengikuti upacara peringatan hari penting, baik di lingkungan kampus, sekolah, atau di pemerintah (instansi) pemberi beasiswa. Kita datang pada saat upacara ya memang sebagai penghormatan, tetapi tujuan utama yaitu sebagai syarat untuk penerimaan beasiswa tadi. Itu hanya terjadi karena formalitas saja untuk mendapatkan tujuan utama beasiswa.

Contoh yang lain misalnya walaupun tidak mempunyai keahlian atau keterampilan di bidang komputer, Mita berusaha untuk mendapatkan ijazah itu agar diterima kerja di perusahaan asing. Keadaan seperti ini banyak kita temui dalam kehidupan masyarakat yang merupakan karakter khas dari fenomena anomi yang dikemukakan oleh Merton.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tipe Ritualisme dalam Penyimpangan Sosial"