Pengertian Tipe Retreatisme dalam Penyimpangan Sosial

Pengertian Tipe Retreatisme dalam Penyimpangan Sosial
Retreatisme
Retreatisme merupakan salah satu dari empat tipologi adaptasi individu terhadap lingkungan sosialnya menurut Robert K. Merton. Retreatisme adalah penolakan baik terhadap sarana yang disediakan oleh masyarakat maupun tujuan kebudayaannya. Para retret ingin menemukan cara untuk melarikan diri dari segala sesuatu yang telah ditentukan oleh masyarakat, dan oleh karena itu menolak baik tujuan maupun sarana yang tersedia. Retreatisme dipandang sebagai perilaku menyimpang.

Retreatisme disebut juga pengunduran atau pengasingan diri. Hal ini terjadi apabila seseorang menolak, baik cara-cara maupun tujuan yang diperkenankan secara budaya, tanpa menggantinya dengan yang baru.  Atau pengertian lainnya nilai-nilai budaya yang sudah ada dan berlaku, namun pencapaian terhadap nilai-nilai tersebut tak sesuai dengan kaidah-kaidah masyarakat yang sudah melembaga atau yang telah ada. Misalnya tindakan siswa yang membakar dirinya sendiri karena tidak lulus Ujian Akhir Nasional.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tipe Retreatisme dalam Penyimpangan Sosial"