Pengertian Tipe Rebellion dalam Penyimpangan Sosial

Pengertian Tipe Rebellion dalam Penyimpangan Sosial
Rebellion

Rebellion merupakan salah satu dari empat tipologi adaptasi yang dilakukan individu terhadap lingkungan sosialnya menurut Robert K. Merton. Rebellion atau pemberontakan terjadi ketika individu menolak, baik cara-cara ataupun tujuan yang sudah diperkenankan secara budaya.

Walaupun nilai-nilai dan kaidah yang sudah ada dan berjalan, tipe rebellion ingin menggantinya dengan yang lebih baru dan relevan menurut keyakinannya. Salah satu contoh rebellion yang bersifat positif misalnya pergerakan kemerdekaan yang Indonesia lakukan untuk melawan Belanda merupakan bagian dari rebellion atau pemberontakan dengan tujuan mengubah tatanan, struktur, dan sistem kenegaraan yang berlaku pada saat itu.

Pemberontak menolak tujuan dan sarana masyarakat yang ada, tetapi tidak seperti orang yang mundur, pemberontak bekerja di tingkat makro untuk menggantikan tujuan dan sarana masyarakat yang ada dengan tujuan dan sarana baru yang mewujudkan nilai-nilai lain. Contoh yang lain misalnya pemberontakan G 30S/PKI yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi komunis.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tipe Rebellion dalam Penyimpangan Sosial"