Pengertian Tipe Inovasi dalam Penyimpangan Sosial

Pengertian Tipe Inovasi dalam Penyimpangan Sosial
Penyimpangan Sosial
Inovasi merupakan salah satu dari empat tipe adaptasi individu terhadap lingkungan sosialnya yang dikemukakan oleh Robert K. Merton. Merton menyebutkan bahwa Inovasi adalah perilaku seseorang yang menerima tujuan secara budaya, tetapi menolak cara-cara yang diterima masyarakat. Misalnya perampokan, begal, tindak kriminal, korupsi dan lain-lain. Beberapa kasus fenomena sosial itu bagian dari penyimpangan sosial, karena tindakan yang dilakukan melanggar norma itu sendiri.

Inovator menemukan dan menciptakan cara mereka sendiri untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan sebagian besar waktu, cara baru ini dianggap tidak diterima secara sosial dan menyimpang. Inovasi (inovation) dalam hal ini terjadi apabila seseorang menerima tujuan yang sesuai dengan nilai-nilai budaya yang diidamkan masyarakat, tetapi menolak norma dan kaidah yang berlaku. Misalnya untuk memperoleh nilai UNAS yang baik, Arif tidak belajar, melainkan melalui joki UNAS.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tipe Inovasi dalam Penyimpangan Sosial"