Pengertian Tata Kelakuan (Mores), Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Tata Kelakuan atau Mores
Tata Kelakuan atau Mores

A. Pengertian Tata Kelakuan (Mores)
Tata kelakuan atau kesusilaan (mores) adalah sekumpulan perbuatan yang mencerminkan sifat-sifat hidup dari sekelompok manusia yang dilakukan secara sadar guna melaksanakan pengawasan oleh sekelompok masyarakat terhadap anggota-anggotanya. Tata kelakuan merupakan kebiasaan masyarakat yang telah menjadi norma pengatur.

Tata kelakuan mencerminkan sifat-sifat yang hidup dari kelompok manusia yang dilaksanakan sebagai alat pengawas, secara sadar ataupun secara tidak sadar oleh masyarakat terhadap anggota-anggotanya. Dalam tata kelakuan terdapat unsur memaksa atau melarang suatu perbuatan sehingga secara langsung merupakan alat supaya anggota masyarakat menyesuaikan perbuatan-perbuatannya dengan tata kelakuan tersebut.

Tata kelakuan merupakan norma yang bersumber kepada filsafat, ajaran agama, atau ideologi yang dianut oleh masyarakat. Dengannya, suatu perbuatan tertentu akan dianggap melanggar di suatu masyarakat, tetapi di masyarakat lain memperbolehkan. Misalnya pernikahan dalam satu suku atau pergaulan bebas. Masyarakat menuntut individu untuk menyesuaikan dengan tata kelakuan yang berlaku di masyarakatnya.

B. Fungsi Tata Kelakuan (Mores)
Memberikan batas-batas pada kelakuan individu, setiap masyarakat mempunyai tata kelakuan masing-masing, yang sering kali berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Misalnya pada suatu masyarakat perkawinan dalam satu suku dilarang, tetapi di suku lain tidak ada larangan.
Mengidentifikasikan individu dengan kelompoknya, di satu pihak tata kelakuan memaksa orang agar menyesuaikan tindakan-tindakannya dengan tata kelakuan yang berlaku, di lain pihak diharapkan agar masyarakat menerima seseorang karena kesanggupannya untuk menyesuaikan diri.
Menjaga solidaritas di antara anggota-anggotanya, misalnya tata pergaulan antara pria dan wanita yang berlaku bagi semua orang, segala usia, dan semua golongan dalam masyarakat.

C. Contoh Tata Kelakuan (Mores)
1. Larangan berzina
2. Larangan berjudi
3. Larangan minum minuman keras
4. Larangan menggunakan narkoba dan obat-obatan terlarang
5. Larangan mencuri
6. Dilarang berciuman atau berpelukan di depan umum
7. Dilarang berpakaian sangat minim dan terbuka
8. Melarang pembunuhan
9. Larangan menikahi saudara kandung


Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tata Kelakuan (Mores), Fungsi, dan Contohnya"