Pengertian Sosial, dan Unsurnya

Pengertian Sosial dan Unsurnya
Sosial
A. Pengertian Sosial
Sosial dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berkenaan dengan masyarakat. Istilah sosial (social) memiliki beberapa pengertian berbeda yang dianggap sebagai konsep yang merujuk pada sikap, orientasi, atau perilaku yang mempertimbangkan kepentingan, niat, atau kebutuhan orang lain (berbeda dengan perilaku anti-sosial) telah berperan dalam mendefinisikan ide atau prinsip.

Kata “sosial” berasal dari bahasa Latin “socius” yang artinya sekutu. Istilah tersebut sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia dalam masyarakat. Sehingga pengertian sosial dapat didefinisikan sebagai rangkaian norma, moral, nilai dan aturan yang bersumber dari budaya masyarakat dan dipakai sebagai acuan dalam interaksi antar manusia dalam suatu komunitas. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa pengertian sosial menurut beberapa ahli di antaranya,
1. Philip Wexler, sosial adalah suatu sifat dasar yang dimiliki oleh setiap individu manusia.
2. Lena Dominelli, sosial adalah bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan sebuah pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.
3. Keith Jacobs, sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.
4. Paul Ernest, sosial adalah sejumlah manusia secara individu yang terlibat dalam berbagai kegiatan bersama.
5. Engin Fahri Isin, sosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih tetap ada perdebatan tentang pola berhubungan bagi para individu tersebut.
6. Enda M.C., sosial merupakan adanya suatu cara di mana pada setiap individunya telah berhubungan terhadap yang lainnya.

B. Unsur Sosial
Menurut Soerjono Soekanto terdapat 5 unsur sosial yang ada di masyarakat dan saling berhubungan satu sama lain di antaranya,
1. Kelompok Sosial, adalah sekumpulan manusia yang saling berinteraksi dan menyadari keanggotaannya di dalam suatu kelompok. Kelompok sosial ini diciptakan oleh anggota masyarakat dan dapat saling mempengaruhi perilaku setiap anggotanya.
2. Kebudayaan, adalah semua hal yang berhubungan dengan akal budi manusia, termasuk sistem ide atau gagasan yang ada di dalam pikiran manusia. Budaya atau kebudayaan merupakan sesuatu yang abstrak dan sangat berhubungan dengan kehidupan bermasyarakat.
3. Lembaga Sosial, adalah lembaga yang mengatur prosedur dan tata cara dalam melakukan hubungan antar individu di dalam masyarakat agar lebih teratur. Suatu lembaga sosial memiliki ideologi yang dilengkapi dengan simbol dan logo tertentu di mana untuk mencapai tujuannya dilakukan dengan cara membuat tata tertib di masyarakat.
4. Stratifikasi Sosial, merupakan pengelompokan setiap anggota masyarakat secara bertingkat. Masyarakat yang hidup teratur pada umumnya memiliki sistem lapisan dalam masyarakatnya.
5. Kekuasaan dan Kewenangan, kekuasaan adalah suatu kemampuan untuk mengendalikan perilaku individu lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kewenangan adalah suatu hak untuk melakukan sesuatu agar tujuan tertentu dapat tercapai.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Sosial, dan Unsurnya"