Pengertian Barang Komplementer, dan Contohnya

Pengertian Barang Komplementer
Barang Komplementer
A. Pengertian Barang Komplementer
Istilah komplementer dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bersifat saling mengisi; bersifat melengkapi. Barang Komplementer adalah barang yang fungsi atau kegunaannya saling melengkapi satu sama lain. Dengan kata lain jika terdapat satu barang maka barang lainnya harus ada untuk melengkapi fungsi barang yang sudah ada. Jika barang lainnya tidak ada maka akan terjadi penurunan fungsi dari barang utama.

Barang komplementer ibaratnya dua barang saling berkaitan, saling membutuhkan dan saling melengkapi. Misalnya terdapat dua barang yaitu barang A dan barang B, jika menggunakan barang A maka harus ada barang B untuk melengkapi fungsi barang A, begitu pun sebaliknya jika terdapat barang B maka barang A harus ada, agar barang B dapat digunakan sepenuhnya.

Karena ada keterkaitannya maka kita berasumsi jika barang itu saling ketergantungan antara barang satu dengan yang lain. Sehingga kebutuhan akan barang komplementer akan saling terkait dan penggunaannya akan memengaruhi tinggi rendahnya permintaan barang di pasar. Biasanya, barang komplementer memiliki nilai yang lebih kecil atau tidak sama dengan barang yang kita pakai. tetapi ketika dikombinasikan dengan barang lain, maka akan menambah nilai keseluruhan dari penawaran.

Misalnya, untuk satu barang (printer) pasti membutuhkan permintaan untuk barang lain (kartrid tinta). Sebagai barang komplementer tentunya memiliki pasangan agar bisa dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga memberikan kepuasan kepada orang yang memilikinya. Barang komplementer tidak bisa berfungsi sendiri dia harus memiliki barang lain agar berfungsi secara baik dan benar.

B. Contoh Barang Komplementer
1. Printer dan Tinta, hampir setiap orang yang bekerja di kantor atau mahasiswa akan sering menggunakan printer. Jika printer tidak memiliki tinta maka printer tersebut tidak akan bisa digunakan. Di sinilah tinta sangat berperan dalam melengkapi printer agar dapat digunakan. Sehingga printer dan tinta disebut barang komplementer karena saling berkaitan.
2. Pelita dan Minyak Tanah, di tahun 90 an pasti pernah merasakan masa-masa di mana listrik belum menyebar secara merata. Sehingga harus menggunakan pelita. Ketika pada saat itu terdapat pelita dan tidak memiliki minyak tanah maka pelita tersebut tidak akan dapat menyala sehingga minyak tanah di sini berperan sebagai barang yang harus ada agar pelita dapat menyala.
3. Pulpen dan Buku, anak sekolah ataupun mahasiswa pasti membutuhkan buku dan pulpen untuk menulis materi-materi yang diajarkan di sekolah atau kampus. Nah jika kamu membawa buku tanpa membawa pulpen makan buku tidak bisa digunakan. Karena pulpen di sini digunakan untuk melengkapi fungsi dari buku tadi.
4. Android dan Paket Internet, umumnya smartphone digunakan sebagai alat komunikasi saja. Namun jika smartphone tersebut memiliki akses internet akan bertambah fungsinya untuk mencari berbagai informasi. Sehingga android dan paket data atau internet merupakan barang komplementer.
5. Televisi dan Remote Kontrol, televisi merupakan sebuah alat elektronik yang selalu ada di rumah kita. Untuk memindahkan channel pasti membutuhkan remote kontrol. Bagaimana jika televisi tidak memiliki remote kontrol, pasti televisi tidak dapat digunakan secara sempurna. Sehingga sehingga dengan adanya remote kontrol dapat menambah fungsi dari televisi.
6. Gula dengan Kopi, meskipun tanpa gula kita bisa membuat kopi tapi rasanya akan pahit. Tetapi jika kopi disatukan atau diberi gula maka rasa kopi akan enak dan kita dapat menikmatinya saat santai.
7. Kompor dengan Gas, ketika memasak pasti menggunakan kompor dan juga gas. Misalnya jika kita hanya memiliki gas saja maka masakan kita tidak bisa matang begitu juga sebaliknya. Kompor dan gas ini saling melengkapi untuk dapat digunakan secara Bersama.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Barang Komplementer, dan Contohnya"