Pengertian Taraf atau Standar hidup

Pengertian Taraf atau Standar hidup
Standar hidup
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) taraf memiliki pengertian tingkat(an); derajat; mutu (dalam arti tinggi rendahnya, baik buruknya, dan sebagainya); kedudukan; martabat. Taraf hidup atau standar hidup adalah tolok ukur kualitas dan kuantitas kepemilikan pendapatan dan benda dari individu dalam suatu wilayah, dan standar hidup adalah standar rata-rata suatu individu dibandingkan dengan kemampuan rata-rata hidup individu yang lain dalam satu wilayah yang sama.

Taraf hidup atau standar hidup ini biasanya diukur oleh pendapatan nyata per orang, meskipun beberapa pengukuran lain dapat digunakan; contohnya adalah ketersediaan barang (seperti jumlah kulkas per 1000 orang), atau pengukuran kesehatan seperti harapan hidup. Berlawanan dengan kualitas hidup, yang memperhitungkan tidak hanya standar hidup material, tetapi juga faktor subyektif lainnya yang menyumbang bagi kehidupan seseorang, seperti hiburan, keamanan, sumber budaya, kehidupan sosial, kesehatan mental, dan lain-lain.

Namun, masih tetap ada masalah meskipun hanya dengan menggunakan jumlah rata-rata untuk membandingkan standar hidup material, berlawanan dengan, misal, indeks Pareto. Standar hidup mungkin juga hal yang subyektif. Sebagai contoh, negara dengan kelas atas yang sangat kecil yang sangat kaya dan kelas rendah yang sangat besar dan sangat miskin dapat memiliki rata-rata pendapatan yang tinggi, meskipun kebanyakan penduduk memiliki "standar hidup yang rendah". Ini mencerminkan masalah pengukuran kemiskinan, yang juga cenderung relatif.  


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Taraf atau Standar hidup"