Pengertian Pola Pikir (Mindset)

Pengertian Pola Pikir atau Mindset
Pola Pikir atau Mindset
Pola pikir (paradigma) adalah jumlah total keyakinan, nilai, identitas, harapan, sikap, kebiasaan, keputusan, pendapat, dan pola-pola pemikiran kita — tentang diri kita sendiri, orang lain, dan bagaimana kehidupan bekerja. Pola pikir (paradigma) ini gilirannya menentukan cara kita menilai dan memberikan kesimpulan terhadap sesuatu berdasarkan sudut pandang yang kita miliki (mindset).

Pola adalah bentuk atau model. Dengan demikian pola pikir itu sebenarnya adalah bentuk pikir atau cara kita berpikir yang disebut Mindset. Kata Mindset terdiri atas dua kata yakni mind dan set. Mind merupakan sumber pikiran dan memori atau pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan, ide, dan menyimpan pengetahuan dan memori tentang segala macam hal-hal yang pernah dilakukan sendiri maupun kejadian apa saja yang dibaca, dilihat, dan dilakoni diri sendiri maupun orang lain. Sedangkan set adalah kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang; atau suatu cara berpikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang.

Kita mendekati, bereaksi, dan pada kenyataannya menciptakan dunia kita berdasarkan pola pikir individual kita sendiri. Pola pikir kita memberitahu kita bagaimana permainan hidup ini harus dimainkan, dan mengatur apakah kita memainkannya secara berhasil atau tidak. Kita mungkin memiliki pola pikir, misalnya, yang memberitahu kita, “Kehidupan ini sangat keras, dan aku harus berjuang hanya sekadar untuk hidup pas-pasan.” Atau kita mungkin memiliki pola pikir yang lebih positif, seperti, “Aku punya kemampuan yang hebat dan orang-orang ingin bekerja sama denganku.”

Perbedaan pola pikir seseorang disebabkan oleh bedanya jumlah sudut pandang yang dijadikan dasar, landasan atau alasan. Bayaknya sudut pandang seseorang untuk berpikir dipengaruhi oleh emosi (mentality), pendidikan dan pengalaman. Hal ini yang menjadi tolak ukur tinggi rendahnya kedewasaan seseorang. Demikian mindset (pola pikir) setiap orang sangatlah berbeda-beda, namun mindset tersebut bisa diubah dari waktu ke waktu. Mengubah Midset yang ada pada diri kita tidaklah mudah, kita dapat mengubah mindset kita dengan cara mempengaruhi komponen pembentuk mindset yaitu pengetahuan dan pengalaman.

Setiap orang atau manusia secara individu pada dasarnya memiliki ide, pendapat, rencana, cita-cita. Unsur-unsur tersebut diolah oleh otak/akal/pikiran dan selalu dipengaruhi atau ditentukan oleh sikap perilakunya. Jadi Pola Pikir adalah cara berpikir seseorang dalam mewujudkan ide/pendapat/rencana/cita-citanya yang dalam pelaksanaannya dipengaruhi pula oleh perasaan/pandangannya ataupun sikap perilakunya (attitude) tentang sesuatu secara umum. Dengan kata lain pada suatu saat sikap seseorang itu dipengaruhi oleh perasaan atau emosinya.

Manusia dapat melihat Midset mereka masing-masing, jika mindset digunakan dengan baik dan dikembangkan, maka itu membuat manusia tersebut memiliki pengetahuan. Namun jika seseorang memiliki mindset tapi tidak bisa mengubah/mengembangkan mindset yang ada pada dirinya, seseorang itu tidak bisa melihat perkembangan yang ada pada dirinya. Ini adalah saringan yang dengannya kita menafsirkan apa yang kita lihat dan alami. Pola pikir Anda membentuk kehidupan Anda dan menarik kepada diri Anda hasil-hasil yang merupakan refleksi pasti pola pikir itu. Apa yang Anda percayai akan terjadi, benar-benar terjadi.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Pola Pikir (Mindset)"