Pengertian Pesan, Unsur, Proses Pengiriman, dan Jenisnya

Pengertian Pesan
Pesan
A. Pengertian Pesan
Pesan (bahasa Inggris: Message) adalah setiap pemberitahuan, kata, atau komunikasi baik lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain. Pesan merupakan suatu materi yang disampaikan kepada orang lain dalam bentuk gagasan baik verbal maupun nonverbal untuk mengungkapkan suatu maksud tertentu sesuai dengan kebutuhan orang lain berkaitan dengan manfaat dan kebutuhannya. Pesan adalah keseluruhan apa yang disampaikan oleh komunikator.

Pesan menjadi inti dari setiap proses komunikasi yang terjalin. Pesan dapat disampaikan dengan kata-kata atau bahasa yang mudah dimengerti, simbol – simbol, dan lain-lain. Namun, yang terpenting adalah pesan tersebut dapat dengan mudah dicerna oleh komunikan. Karena keberhasilan komunikasi sendiri terletak pada bagaimana komunikan dapat memahami pesan yang disampaikan komunikator.

Pengertian Pesan Menurut Beberapa Ahli
1. Onong Effendy, pesan adalah suatu komponen dalam proses komunikasi berupa paduan dari pikiran dan perasaan seseorang dengan menggunakan lambang, bahasa/lambang-lambang lainnya yang disampaikan kepada orang lain.
2. Abdul Hanafi, adalah pesan itu merupakan produk fiktif yang nyata dan dihasilkan oleh sumber encoder. Kalau berbicara maka “pembicara” itu adalah pesan, ketika menulis sebuah surat maka “penulis surat” itulah yang dinamakan sebagai pesan.
3. Sastropoetro, pesan adalah suatu kegiatan penting, sulit dan menentukan apakah gagasan yang ada dapat dituangkan secara pasti ke dalam lembaga yang berarti dan telah disusun sedemikian rupa, sehingga menghindari timbulnya salah paham.
4. De Vito, pesan adalah pernyataan tentang pikiran dan perasaan kita yang dikirim kepada orang lain agar orang tersebut diharapkan bisa mengerti dan memahami apa yang diinginkan oleh si pengirim pesan.

B. Unsur Pesan
Suatu pesan akan dapat dimengerti jika terdapat tiga unsur yaitu mulai dari kode pesan, isi pesan dan juga wujud pesan.
1. Kode pesan, merupakan sederetan simbol yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat bermakna bagi yang lain. Misalnya bahasa Indonesia yang menjadi kode dan mencakup unsur bunyi atau suara, huruf dan juga kata lalu disusun sedemikian rupa sehingga memiliki arti.
2. Isi pesan, merupakan bahan atau materi yang dipilih oleh komunikator untuk mengkomunikasikan maksud atau tujuannya.
3. Wujud pesan, adalah sesuatu yang membungkus isi pesan itu sendiri di mana komunikator memberikan wujud nyata supaya komunikan tertarik untuk mengetahui dan memahami isi pesan tersebut. (Siahaan, 1991)

C. Proses Pengiriman Pesan
Agar pesan dapat diterima dari pengguna satu ke pengguna lain, proses pengiriman pesan memerlukan sebuah media perantara agar pesan yang dikirimkan oleh sumber (source) dapat diterima dengan baik oleh penerima(receiver). Dalam proses pengiriman tersebut, pesan harus dikemas sebaik mungkin untuk mengatasi gangguan yang muncul dalam transmisi pesan, agar tidak mengakibatkan perbedaan makna yang diterima oleh penerima (receiver) pesan.

D. Jenis Pesan
Secara umum, jenis pesan terbagi menjadi dua, yakni pesan verbal dan non-verbal.
1. Pesan verbal adalah jenis pesan yang penyampaiannya menggunakan kata-kata, dan dapat dipahami isinya oleh penerima berdasarkan apa yang didengarnya
2. Pesan non-verbal adalah jenis pesan yang penyampaiannya tidak menggunakan kata-kata secara langsung, dan dapat dipahami isinya oleh penerima berdasarkan gerak-gerik, tingkah laku, mimik wajah, atau ekspresi muka pengirim pesan. Pada pesan non-verbal mengandalkan indra penglihatan sebagai penangkap stimuli yang timbul. 


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Pesan, Unsur, Proses Pengiriman, dan Jenisnya"