Pengertian Konsep, Ciri, Fungsi, dan Unsurnya

Pengertian Konsep
Konsep
A. Pengertian Konsep
Konsep dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti rancangan atau buram surat dan sebagainya; ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret; gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain. Konsep adalah suatu representasi abstrak dan umum tentang sesuatu yang bertujuan menjelaskan suatu benda, gagasan, atau peristiwa.

Istilah konsep berasal dari bahasa latin conceptum, artinya sesuatu yang dipahami. Aristoteles dalam The classical theory of concepts menyatakan bahwa konsep merupakan penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia. Konsep merupakan abstraksi suatu ide atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam suatu kata atau simbol. Konsep dinyatakan juga sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik.

Konsep juga dapat menyatukan sejumlah benda seperti gagasan, peristiwa maupun fenomena menjadi satu kesatuan. Sehingga dengan sebuah konsep bisa menyebutkan beberapa benda, gagasan, serta peristiwa ataupun fenomena dengan lebih simpel. Agar lebih jelas berikut beberapa pengertian konsep menurut para ahli di antaranya,
1. Bahri (2008:30), konsep adalah satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri yang sama. Orang yang memiliki konsep mampu mengadakan abstraksi terhadap objek-objek yang dihadapi, sehingga objek-objek ditempatkan dalam golongan tertentu. Objek-objek dihadirkan dalam kesadaran orang dalam bentuk representasi mental tak berperaga. Konsep juga dapat dilambangkan dalam bentuk suatu kata.
2. Aristoteles, dalam bukunya The classical theory of concepts mendefinisikan konsep merupakan penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.
3. Umar (2004:51), konsep adalah sejumlah teori yang berkaitan dengan suatu objek. Konsep diciptakan dengan menggolongkan dan mengelompokkan objek-objek tertentu yang mempunyai ciri-ciri yang sama.
4. Singarimbun dan Effendi (2009), konsep adalah generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan berbagai fenomena yang sama.
5. Soedjadi (2000:14), konsep adalah ide abstrak yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata (lambang bahasa).
6. Woodruff, pengertian Konsep menurut Woodruff dapat dibagi menjadi 3 yaitu:
a. Konsep dapat didefinisikan sebagai suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna
b. Konsep merupakan pengertian tentang suatu objek
c. Konsep adalah produk subjektif yang bersumber dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda)

B. Ciri-Ciri Konsep
1. Konsep ini memiliki sifat abstrak dan merupakan gambaran mental dari objek, peristiwa atau kegiatan
2. Konsep adalah kumpulan benda yang memiliki karakteristik atau kualitas secara umum. Jadi, apa yang ada dalam konsep itu, ada beberapa hal yang bisa disatukan
3. Konsep tersebut memiliki sifat personal, pemahaman masyarakat tentang konsep “kelompok” misalnya mungkin berbeda dari yang lain
4. Konsep dipelajari melalui pengalaman belajar
5. Konsep bukan pertanyaan tentang arti dari kata seperti dalam kamus, kamus itu sendiri memiliki makna lain yang lebih luas

C. Fungsi Konsep
1. Secara garis besar, konsep memiliki fungsi untuk memberikan gambaran besar atau penjelasan mengenai sesuatu. Berikut ini adalah beberapa fungsi konsep:
2. Fungsi Kognitif, adalah kemampuan manusia untuk berpikir optimal sepanjang hidupnya. Dengan membuat konsep maka fungsi kognitif seseorang akan menjadi lebih baik.
3. Fungsi Evaluatif, dalam membuat konsep terdapat proses evaluatif, yaitu proses yang dilakukan manusia dalam menentukan nilai suatu hal.
4. Fungsi Operasional, dalam proses pelaksanaan dibutuhkan suatu dasar yang kuat untuk melakukannya. Dengan adanya konsep maka proses operasional menjadi lebih efektif dan efisien.
5. Fungsi Komunikasi, di dalam konsep terdapat proses komunikasi di mana terdapat penjelasan, gagasan, ide, atas suatu benda atau peristiwa.

D. Unsur Konsep
1. Nama, konsep diwakili suatu kata tunggal yang merepresentasikan ide atau gagasan-gagasan. Contoh, "rumah" mewakili bangunan untuk tempat tinggal.
2. Contoh-contoh Positif dan Negatif, menganalisis dan membandingkan contoh-contoh positif dan contoh-contoh negatif beserta karakteristiknya.
3. Karakteristik Pokok, karakteristik menciptakan aturan dan menentukan suatu contoh termasuk dalam kategori konsep atau bukan konsep. Karakteristik pokok rumah yaitu mempunyai atap, dinding, dan lantai.
4. Rentangan Karakteristik, suatu konsep berhubungan dengan konsep-konsep lainnya dan mempunyai rentangan karakteristik yang membatasi konsep tersebut, yaitu:
a. Superordinat, yaitu konsep yang dihubungkan dengan konsep yang lebih luas. Contoh: konsep "tempat tinggal" adalah konsep superordinat dari "rumah".
b. Koordinat, yaitu konsep-konsep yang setara dan saling berkaitan satu dengan lainnya. Contoh: konsep "rumah kontrakan" setara dengan konsep "rumah dinas".
c. Subordinat , kebalikan konsep superordinat yaitu subkategori atau bagian kecil dari suatu konsep. Contoh: konsep "rumah" adalah bagian dari konsep "tempat tinggal".

5. Kaidah 


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Konsep, Ciri, Fungsi, dan Unsurnya"