Pengertian Koalisi, Pemerintahan Koalisi, dan Contohnya

Pengertian Koalisi
Koalisi
A. Pengertian Koalisi
Istilah koalisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) adalah kerja sama antara beberapa partai untuk memperoleh kelebihan suara dalam parlemen. Koalisi adalah sebuah persekutuan yang merupakan gabungan atau aliansi beberapa unsur, di mana dalam kerja samanya, masing-masing memiliki kepentingan sendiri-sendiri.

Aliansi seperti ini bersifat sementara atau berasas manfaat. Dalam pemerintahan dengan sistem parlementer, sebuah pemerintahan koalisi adalah sebuah pemerintahan yang tersusun dari koalisi beberapa partai sedangkan oposisi koalisi adalah sebuah oposisi yang tersusun dari koalisi beberapa partai.

Dalam hubungan internasional, sebuah koalisi bisa berarti gabungan beberapa negara yang dibentuk untuk tujuan tertentu. Koalisi bisa juga merujuk pada sekelompok orang/warganegara yang bergabung karena tujuan yang serupa. Koalisi dalam ekonomi merujuk pada sebuah gabungan dari perusahaan satu dengan lainnya yang menciptakan hubungan saling menguntungkan.

B. Pemerintahan Koalisi
Pemerintah koalisi adalah kabinet dalam pemerintahan parlementer di mana beberapa pihak bekerja sama. Alasan yang biasanya mengarah pada pembentukan koalisi bukan satu-satunya pihak yang mungkin dapat mencapai mayoritas di parlemen. Selain itu, juga dapat membentuk pemerintah koalisi di masa kesulitan atau krisis nasional, seperti selama masa perang, untuk memberikan pemerintah tingkat tinggi legitimasi politik yang diperlukan, serta peran dalam mengurangi perselisihan politik internal.

C. Contoh Koalisi
1. Koalisi Indonesia Hebat (KIH) adalah koalisi dari partai-partai politik di Indonesia yang mendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam koalisi pemilihan presiden 2014 terdiri dari PDI-P, PKB, partai NasDem, Hanura, dan PKP Indonesia. Koalisi menyatakan pada saat Deklarasi acara Jokowi-JK pada 19 Mei, 2014 di Gedung Djoeang, Jakarta.
2. Koalisi Merah Putih (KMP) adalah koalisi dari partai-partai politik di Indonesia yang mendukung Prabowo-Hatta Rajasa di 2014 pemilihan presiden Merah Putih di awal pembentukan koalisi yang terdiri dari Gerindra, PAN, PPP, PKS, Amerika Bangsa, dan Partai Golkar. Meskipun Partai Demokrat kadang-kadang dimasukkan sebagai salah satu anggota koalisi ini, tapi kadang-kadang Partai Demokrat dianggap sebagai pihak yang netral.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Koalisi, Pemerintahan Koalisi, dan Contohnya"