Pengertian Kesetaraan Sosial

Pengertian Kesetaraan Sosial
Kesetaraan Sosial
Kesetaraan sosial merupakan tatanan sosial politik yang menempatkan setiap warga atau semua orang berada dalam suatu masyarakat atau kelompok tertentu memiliki status yang sama. Setidaknya, kesetaraan sosial mencakup hak yang sama di bawah hukum, merasakan keamanan, memperoleh hak suara, mempunyai kebebasan untuk berbicara dan berkumpul, dan sejauh mana hak tersebut tidak merupakan hak-hak yang bersifat atau bersangkutan secara personal.

Hak-hak tersebut dapat pula termasuk adanya akses untuk mendapatkan pendidikan, perawatan kesehatan dan pengamanan sosial lainnya yang sama dalam kewajiban yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Kesetaraan menunjukkan adanya tingkatan yang sama, kedudukan yang sama dan tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu sama lain. Bagi manusia bermakna bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki tingkatan dan kedudukan yang sama di hadapan Tuhan.

Tingkatan atau kedudukan seorang manusia sebenarnya bersumber dari pandangan bahwa semua manusia diciptakan dengan kedudukan yang sama tanpa adanya perbedaan. Serta manusia merupakan makhluk mulia dan tinggi derajatnya bila dibandingkan dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Kesetaraan Sosial"