Pengertian Gejala Sosial, Faktor Penyebab, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Gejala Sosial
Gejala Sosial
A. Pengertian Gejala Sosial
Gejala sosial adalah fenomena yang menandai munculnya permasalahan sosial di masyarakat. Hal tersebut dapat mempengaruhi atau bahkan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu pada lingkungan kehidupannya. Gejala sosial atau disebut juga dengan Social Symptom, serta masalah sosial adalah dua saling terkait. Di mana, bila terjadi gejala secara terus-menerus, maka bisa menimbulkan potensi masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Munculnya fenomena sosial tersebut diawali dari adanya perubahan sosial.

Gejala sosial bisa diartikan pula sebagai fenomena sosial. Pengertian ini diadopsi ilmu alam untuk di terapkan dalam ilmu sosial khususnya sosiologi. Emile Durkheim adalah tokoh sosiologi yang mempopulerkan gejala sosial sebagai objek kajian sosiologi. Durkheim menyebutnya sebagai fakta sosial. Dalam bukunya Suicide: A Study in Sociology, Durkheim melihat fenomena bunuh diri sebagai fakta sosial. Masalah sosial yang muncul dari rendahnya solidaritas sosial anggota komunitas yang sedang diteliti.

Sebagai tanda suatu permasalahan, gejala sosial berbeda dengan permasalahan sosial itu sendiri. Namun bukan berarti keduanya tidak berkaitan. Keduanya justru berhubungan erat. Sebagai contoh, kasus kriminalitas perampokan yang terjadi di perumahan elit bisa dianggap sebagai permasalahan sosial. Gejala sosialnya, misalnya, adalah adanya ketimpangan ekonomi yang tajam antara si kaya dan si miskin di ibu kota. Si miskin tertekan secara ekonomi, ia kemudian nekat merampok di perumahan elit.

B. Faktor Penyebab Gejala Sosial
1. Faktor Kultural, adalah nilai yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan masyarakat atau komunitas. Beberapa contoh gejala sosial menurut faktor kultural antara lain kemiskinan, kerja bakti, perilaku menyimpang dan lain-lain
2. Faktor Struktural, adalah sebuah keadaan yang menjadi pengaruh struktur yang disusun oleh pola tertentu. Faktor ini dapat dilihat dari pola hubungan sesama individu dan kelompoknya yang terjalin dalam lingkungan masyarakat. Contoh gejala sosial yang dipengaruhi oleh faktor struktural antara lain seperti penyuluhan sosial, interaksi sesama individu dan lain sebagainya.

C. Jenis-Jenis Gejala Sosial
1. Gejala Ekonomi, salah satu gejala sosial yang sering terlihat dalam lingkungan masyarakat ialah status sosial. Di mana ketimpangan penghasilan dari tiap anggota masyarakat akan menyebabkan perbedaan strata atau status sosial. Karena setiap orang memiliki tingkat kesejahteraan ekonomi yang berbeda, maka akan menyebabkan timbulnya gejala sosial di antaranya, pengangguran, kemiskinan, masalah kesehatan, masalah kependudukan.
2. Gejala Budaya, Indonesia disebut sebagai masyarakat yang majemuk, yang artinya terjadi atas berbagai kebudayaan. Perbedaan yang terjadi antar kebudayaan dan suku inilah yang bisa menjadi sebab perpecahan karena kurangnya saling menghormati.
3. Gejala Lingkungan Alam, alam bisa bersahabat apabila diperlakukan secara baik, dan sebaliknya alam pun bisa melakukan hal buruk untuk manusia jika dirusak. Misalnya, kebiasaan membuang sampah sembarangan yang bisa menyebabkan pencemaran lingkungan, imbasnya adalah muncul bibit penyakit yang akan menyerang manusia.
4. Gejala Psikologis, aspek psikologi seseorang pun bisa menyebabkan gejala sosial. Ketika seseorang merasa tertekan, stres, depresi atau bahkan sampai mengidap gangguan kejiwaan maka lama kelamaan akan menjadi gejala sosial dalam masyarakat.

D. Contoh Gejala Sosial
1. Produksi berita hoax
2. Plagiarisme di kampus
3. Perilaku Koruptif
4. Kemiskinan
5. Masalah Penduduk
6. Masalah remaja
7. Disorgaisasi kelurga


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Gejala Sosial, Faktor Penyebab, Jenis, dan Contohnya"