Pengertian Assigned Status dan Contohnya

Pengertian Assigned Status dan Contohnya
Assigned Status
A. Pengertian Assigned Status
Assigned status atau status yang diberikan merupakan status sosial yang diperoleh dari pemberian atau kepercayaan masyarakat. Assigned status diperoleh seseorang karena mandat atau pemberian orang lain. Mandat tersebut dilaksanakan dengan baik sehingga dianggap berjasa oleh masyarakat atau setidaknya oleh pemberi mandat.

Assigned status mempunyai hubungan yang erat dengan Archived status. Di mana masyarakat memberikan status yang lebih tinggi kepada orang yang berjasa. Tentunya status ini diberikan karena orang tersebut telah memperjuangkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

B. Contoh Assigned Status
Status seseorang sebagai tokoh masyarakat, pahlawan, sesepuh di desa. Panglima besar Jenderal Sudirman, diberi mandat oleh Bung Karno untuk memimpin perang gerilya melawan Belanda. Jasanya pada bangsa membawa dirinya berhak memperoleh gelar pahlawan. Sang jenderal memperoleh assigned status yang tinggi sebagai pahlawan nasional karena jasanya. Gelar-gelar tersebut tidak bisa di gantikan, dan menetap dengan orang tersebut, karena di berikan oleh orang lain, tidak bisa digantikan atau di tukar-tukar.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Assigned Status dan Contohnya"