Pengertian Sumber Daya, Kriteria, Aspek, dan Macamnya

Pengertian Sumber Daya
Sumber Daya
A. Pengertian Sumber Daya
Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible).

Sumber daya  merupakan sesuatu yang dipandang memiliki nilai ekonomi. Dapat juga dikatakan bahwa sumber daya adalah komponen dari ekosistem yang menyediakan barang dan jasa yang bermanfaat bagi kebutuhan manusia.

Sumber daya ada yang dapat berubah, baik menjadi semakin besar maupun hilang, dan ada pula sumber daya yang kekal (selalu tetap). Selain itu, dikenal pula istilah sumber daya yang dapat pulih atau terbarukan (renewable resources) dan sumber daya tak terbarukan (non-renewable resources).

Definisi Sumber Daya Menurut Ahli
1. Ensiklopedia Webster, sebagai kemampuan untuk memenuhi atau menangani sesuatu, sumber persediaan, penunjang atau bantuan, serta sarana yang dihasilkan oleh kemampuan atau pikiran manusia.
2. Adam Smith, sumber daya diartikan sebagai seluruh faktor produksi yang diperlukan untuk menghasilkan output.
3. Grima dan Berkes, mendefinisikan sumber daya sebagai aset untuk pemenuhan kepuasan dan utilitas manusia

B. Kriteria
Grima dan Berkes (1990) mengatakan bahwa sesuatu untuk dapat dikatakan sebagai sumber daya harus memiliki dua kriteria di antaranya,
1. Harus ada pengetahuan, teknologi atau ketrampilan (skill) untuk memanfaatkannya
2. Harus ada permintaan (demand) terhadap sumber daya tersebut

C. Aspek
1. Aspek teknis yang memungkinkan bagaimana sumber daya dimanfaatkan
2. Aspek kelembagaan yang menentukan siapa yang mengendalikan sumber daya dan bagaimana teknologi digunakan

D. Macam
1.  Sumber Daya Manusia (SDM)
Sumber daya manusia adalah sumber daya yang ada pada manusia itu sendiri. Biasanya sumber daya ini digunakan dalam proses produksi barang atau jasa, di mana dengan adanya manusia yang mampu memproduksi suatu barang maka manusia akan lebih sejahtera. Pada manusia terdapat tenaga, keahlian dan kepribadian yang menjadi sumber daya, di mana semakin baik tenaga, keahlian dan kepribadian di suatu daerah maka daerah tersebut akan semakin baik.

2. Sumber Daya Alam (SDA)
Sumber daya alam adalah sumber daya yang  berasal dari alam, ia dapat di olah menjadi sesuatu barang atau jasa yang berharga. Misalnya saja minyak bumi yang terdapat di suatu daerah akan menjadikan daerah tersebut menjadi penghasil minyak di mana minyak tersebut dapat di jual ataupun digunakan sendiri. Minyak akan sangat bermanfaat bagi manusia jika dapat di olah dengan baik.

3. Sumber Daya Modal
Sumber daya modal atau kapital adalah suatu sarana untuk mendukung proses produksi suatu barang atau jasa. Modal tersebut tidak hanya berupa uang namun teknologi, peralatan, mesin-mesin, tanah, informasi, dan sebagainya juga termasuk modal karena dapat mendukung proses produksi. Dengan adanya modal maka proses produksi akan menjadi lebih mudah dan efisien, misalnya saja penggunaan traktor oleh petani akan mempercepat pengolahan lahan daripada cara manual dan tradisional lainnya.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Sumber Daya, Kriteria, Aspek, dan Macamnya"