Pengertian Rasisme, Penyebab, Dampak, dan Contohnya

Pengertian Rasisme
Rasisme
A. Pengertian Rasisme
Rasisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat dalam ras manusia menentukan hasil budaya atau individu – bahwa ras tertetu lebih unggul dan memiliki hak dalam mengatur ras lain. Rasisme menjadi faktor pendorong diskriminasi sosial, segregasi dan kekerasan rasial, bahkan pemicu genosida.

Beberapa penulis menggunakan istilah rasisme untuk merujuk pada preferensi terhadap kelompok etnis tertentu (etnosentrisme), ketakutan terhadap orang asing (xenofobia), penolakan terhadap hubungan antar ras (miscegenation), dan generalisasi terhadap suatu kelompok orang tertentu (stereotipe). Rasisme muncul dalam bentuk perlakukan yang berbeda terhadap individu yang dianggap berbeda dengan pengukuran penilaian atas dasar karakteristik ras, sosial atau konsep self-mental, yaitu anggapan bahwa bahasa, agama, jenis kelamin, bukan berorientasi seksual milik individu menjadi penentu kedudukan atau derajat manusia dalam kehidupan.

Dalam suatu tindakan rasisme yang dilakukan ras/kelompok tertentu yang mayoritas pada ras/kelompok yang dianggap minoritas terdapat intimindasi baik itu berupa intimidasi verbal melalui kata-kata maupun intimidasi non verbal melalui kekerasan fisik atau yang lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut pengertian rasisme menurut beberapa ahli di antaranya,
1. Pramoedya Ananta Toer, rasisme atau rasialisme ialah pemahaman yang menolak suatu golongan masyarakat yang berdasarkan atau berbeda ras. Dengan kata lain, mempunyai kelainan daripada umumnya.
2. Alo Liliweri, rasisme adalah suatu ideologi yang mendasarkan diri pada diskriminasi terhadap seseorang atau sekelompok orang, karena ras mereka bahkan ini menjadi doktrin politis.
3. Human Rights and Equal Opportunity Commission, rasisme merupakan suatu ideologi yang menyumbangkan pernyataan mitos perihal kelompok ras dan etnis lainnya yang merendahkan kelompok atau komunitas tersebut.
4. Oliver C. Cox, rasisme merupakan peristiwa, situasi yang menilai berbagai tindakan, dan nilai dalam suatu kelompok berdasar perspektif kulturalnya yang memandang semua nilai sosial masyarakat lain diluar diri mereka itu salah dan tidak dapat diterima.
5. Daldjoeni, rasisme adalah teori atau gagasan yang menyatakan bahwa hubungan kausal antara karakteristik jasmaniah yang diturunkan dan karateristik tertentu dalam hal kepribadian, intelek, budaya atau gabungan semuanya, menyebabkan superioritas dari ras tertentu pada ras lain.

B. Penyebab Rasisme
1. Sosialisasi dalam keluarga, Segala sesuatu yang orang tua ajarkan kepada anak-anak mereka pasti akan melekat pada anak-anak mereka sendiri, baik dan buruk. Ironisnya, orang tua biasanya menjadi salah satu faktor yang memunculkan rasisme, sehingga rantai kebencian terjadi dan tidak putus karena terus diindoktrinasi antargenerasi.
2. Keputusan kebijakan pemerintah, penyebab rasisme yang paling sering terjadi karena keputusan kebijakan pemerintah. Hal ini dipengaruhi oleh keotoriteran dari seorang pemimpin.
3. Budaya serta adat istiadat, budaya serta adat istiadat setiap pelosok daerah atau bangsa tentu berbeda-beda yang otomatis mempengaruhi pikiran serta pemahaman juga perasaan tentu yang mempengaruhi kultur atau pandangan penanganan dalam suatu fenomena sosial di masyarakat.
4. Kesenjangan ekonomi, kesenjangan sarana dan prasarana, dan rasa cinta yang berlebihan serta munculnya rasa iri.

C. Dampak Rasisme
1. Dalam bidang pendidikan, adanya reaksi atau sikap yang berbeda ke orang sebab jenjang pendidikan yang berbeda, sebagai contoh orang berkulit hitam lebih dimarginalisasi dibanding orang berkulit putih.
2. Dalam bidang ketenagakerjaan, wanita berpendidikan lebih tinggi memperoleh gaji di bawah pria.
3. Dalam bidang kesehatan, kaum perempuan tak diberi cuti haid dan cuti melahirkan cukup padahal mereka berhak.
4. Kekerasan, orang berkulit hitam tak lebih dihormati dibanding kaum kulit putih, sehingga sering menjadi korban kekerasan umum.

D. Contoh Rasisme
1. Menghina Seseorang Berdasarkan Asal Tempat Tinggal
2. Menghina Seseorang Dengan Kata-kata yang memojokkan
3. Perilaku Islam Phobia
4. Menjauhi Orang Cacat atau Berkebutuhan Khusus
5. Perbedaan Warna Kulit
6. Beda Perlakuan antara PNS dan Pegawai Biasa
7. Saling Membully Sesama Teman


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Rasisme, Penyebab, Dampak, dan Contohnya"