Pengertian Monopoli, Ciri, dan Hambatannya

Pengertian Monopoli
Monopoli
A. Pengertian Monopoli
Monopoli menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki pengertian sebuah situasi di mana pengadaan suatu barang dagangannya tertentu (di pasar lokal atau nasional) sekurang-kurangnya sepertiganya dikuasai oleh satu orang atau satu kelompok, sehingga harganya dapat dikendalikan, atau diartikan sebagai hak tunggal untuk berusaha (membuat dan sebagainya).

Monopoli adalah keadaan bisnis yang dipegang penuh oleh satu perusahaan. Hal ini dikarenakan hanya perusahaan tersebut yang memiliki layanan yang dibutuhkan oleh banyak orang, sehingga menjadikan perusahaan tersebut tidak memiliki pesaing (kompetitor). Dengan melakukan praktik monopoli, perusahaan tersebut dapat mengambil keuntungan maksimal dengan semena-mena. 

Pasar monopoli sendiri merupakan salah satu bentuk interaksi antara permintaan serta penawaran yang cirinya hanya ada satu produsen atau produsen tunggal yang menghadapi banyak sekali pembeli atau konsumen.

B. Ciri-Ciri Monopoli
1. Memiliki satu penjual, sebuah pasar monopoli itu hanya memiliki satu produsen, di mana harga akan ditentukan langsung oleh produsen tanpa adanya pengaruh dari para lingkungan seperti. Maka dari itu, fungsi dari penjual di sini adalah penentu harga jual (price maker)
2. Memiliki banyak pembeli dengan substitusi produk yang dekat

C. Hambatan yang Diciptakan Kondisi Monopolistis
Penghambat yang didapatkan dari pasar monopoli ini dapat menyebabkan banyaknya kerugian dari persaingan pasar monopoli, terutama untuk pendatang baru. Beberapa hambatan tersebut di antaranya,
1. Hak paten hasil barang produksi atau output oleh produsen.
2. Produsen memiliki sumber daya yang sangat penting dan berbeda-beda sehingga menjadi sebuah input yang bersifat konfidensial oleh perusahaan tertentu terhadap perusahaan lainnya.
3. Produsen menetapkan dan menerapkan kebijakan pembatasan untuk harga dari harga yang tinggi sampai yang rendah agar perusahaan atau mitra baru melalui proses yang sulit dan akhirnya gagal memasuki pasar.
4. Adanya skala ekonomi memungkinkan sebuah pasar hanya dapat dilayani oleh satu perusahaan saja lantaran amat besar sehingga menjadi lebih efisien.

Dari Berbagai Sumber


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Monopoli, Ciri, dan Hambatannya"