Pengertian Krisis, Karakteristik, dan Jenisnya

Pengertian Krisis
Krisis
A. Pengertian Krisis
Krisis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki pengertian keadaan yang berbahaya (dalam menderita sakit); parah sekali; keadaan yang genting; kemelut; keadaan suram (tentang ekonomi, moral, dan sebagainya).

Istilah Krisis berasal dari bahasa Yunani κρίσις - krisis; bentuk kata sifat "kritis" menunjukkan setiap peristiwa yang sedang terjadi (atau diperkirakan) mengarah pada situasi tidak stabil dan berbahaya yang memengaruhi individu, kelompok, komunitas, atau seluruh masyarakat.

Krisis dianggap membawa perubahan negatif dalam urusan keamanan, ekonomi, politik, sosial, atau lingkungan, terutama ketika krisis terjadi tiba-tiba, dengan sedikit atau tanpa peringatan. Lebih jauh, krisis adalah istilah yang berarti "waktu pengujian" atau "peristiwa darurat".

Krisis sering dikaitkan dengan konsep tekanan psikologis. Dalam budaya barat, istilah ini sering digunakan untuk memberikan pengalaman yang menakutkan atau penuh ketidakpastian. Sementara di budaya oriental seperti Cina, krisis dapat berarti bahaya dan peluang (karakter Cina yang digunakan adalah Wei dan Chi).

Secara umum, krisis adalah situasi sistem yang kompleks (baik sistem keluarga, ekonomi, masyarakat) yang mana ketika berfungsi dengan buruk, keputusan segera diambil, namun penyebab hal tersebut tidak segera diidentifikasi.

B. Karakteristik
Krisis memiliki beberapa karakteristik. Seeger, Sellnow, dan Ulmer mengatakan bahwa krisis memiliki empat karakteristik yaitu peristiwa spesifik, tak terduga, dan tidak rutin atau serangkaian peristiwa yang menciptakan ketidakpastian dan ancaman yang tinggi, atau ancaman-ancaman terhadap tujuan organisasi.

C. Jenis
1. Krisis politik
2. Krisis ekonomi
3. Krisis lingkungan
4. Krisis internasional
5. Krisis pribadi


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Krisis, Karakteristik, dan Jenisnya"