Pengertian Kemampuan (Capability), Konsep, Bentuk, Kesesuaian, dan Contohnya

Pengertian Kemampuan atau Capability
Kemampuan (Capability)
A. Pengertian Kemampuan (Capability)
Kemampuan berasal dari kata mampu yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti kuasa (bisa, sanggup) melakukan sesuatu; dapat. Kemampuan adalah kesanggupan; kecakapan; kekuatan. Demikian, kemampuan merupakan kapasitas seorang individu untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan.

Kemampuan merupakan paraprase kalimat yang berasal dari bahasa Inggris ability atau bisa juga dalam ilmu sosial dikenal dengan capability yang intinya bermakna kapasitas yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan tindakan sesuai dengan tingkat pengetahuan, penalaran, dan makanisme lainnya yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat.

Pengertian Kemampuan Menurut Para Ahli
1. Anggiat M.Sinaga dan Sri Hadiati, mendefinisikan kemampuan lebih pada keefektifan orang tersebut dalam melakukan segala macam pekerjaan. Yang artinya kemampuan merupakan dasar dari seseorang melakukan sebuah pekerjaan secara efektif dan tentunya efisien.
2. Robbin, kemampuan merupakan sebuah kapasitas yang dimiliki oleh tiap-tiap individu untuk melaksanakan tugasnya. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan merupakan suatu penilaian atau ukuran dari apa yang dilakukan oleh orang tersebut.
3. Soehardi, ialah bakat yang melekat pada seseorang untuk melakukan suatu kegiatan secara fisik atau mental yang ia peroleh sejak lahir, belajar, dan dari pengalaman.
4. Soelaiman, adalah sifat yang dibawa lahir atau dipelajari yang memungkinkan seseorang yang dapat menyelesaikan pekerjaannya, baik secara mental ataupun fisik
5. Robert Kreitner, adalah karakteristik stabil yang berkaitan dengan kemampuan maksimum fisik mental seseorang.
6. Stephen P. Robins, adalah kapasitas individu untuk melaksanakan berbagai tugas dalam pekerjaan tertentu. Seluruh kemampuan seorang individu pada hakekatnya tersusun dari dua perangkat faktor yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan fisik.
7. Mc Shane dan Glinow, adalah kecerdasan-kecerdasan alami dan kapabilitas dipelajari yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas
8. Mohammad Zain, adalah kesanggupan, kecakapan, kekuatan kita berusaha dengan diri sendiri.
9. Donald, adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya pikiran dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.
10. Spencer and Spencer, mendefinisikan kemampuan sebagai karakteristik yang menonjol dari seseorang individu yang berhubungan dengan kinerja efektif dan/superior dalam suatu pekerjaan atau situasi.
11. Poerwadarminta mempunyai pendapat lain tentang kemampuan, yaitu mampu artinya kuasa (bisa, sanggup) melakukan sesuatu, sedangkan kemampuan artinya kesanggupan, kecakapan, kekuatan.
12. Nurhasanah, mampu artinya (bisa, sanggup) melakukan sesuatu, sedangkan kemampuan artinya kesanggupan, kecakapan.

B. Konsep Kemampuan (Capability)
Pemaknaan kemampuan sebagai sebuah konsep dalam kehidupan masyarakat tidak terlepas daripada mekanisme evaluatifnya untuk meningkatkan diri dalam sebuah contoh kelompok sosial. Maka dari itulah konsep yang berlaku dalam capability ini di antaranya,
1. Keberadaan, tahapan dalam dalam capability yang diperoleh seseorang akan bermula daripada keberadaannya di tengah-tengah kehidupan. Hal ini bisa tercermin pada tangung jawab secara fungsional, misalnya saja dalam menjalankan tugas-tugas seseorang akan melakukan tindakan sesuai dengan kapasitasnya dalam perusahaan, atau kantor pemerintahan tertentu.
2. Melakukan (To Do), dalam upaya menjelaskan capability seseorang selanjutnya ialah mengimplementasikan tindakan yang sesuai dengan ajaran-ajaran yang diberikan. Hal inilah pentingnya kemampuan untuk terus belajar lebih baik agar apa yang dijalankan membuahkan hasil yang maksimal.

C. Bentuk Kemampuan (Capability)
1. Kemampuan Intelektual (Intelectual Ability) adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas mental -berpikir, menalar, dan memecahkan masalah. Individu dalam sebagian besar masyarakat menempatkan kecerdasan, dan untuk alasan yang tepat, pada nilai yang tinggi. Individu yang cerdas juga lebih mungkin menjadi pemimpin dalam suatu kelompok. Tujuh dimensi yang paling sering disebutkan yang membentuk kemampuan intelektual di antaranya,
a. Kecerdasan angka
b. Pemahaman verbal
c. Kecepatan persepsi
d. Penalaran induktif
e. Penalaran deduktif
f. Visualisasi spasial

2. Kemampuan Fisik (Physical Ability), adalah kemampuan menyelesaikan tugas-tugas yang menuntut stamina, keterampilan, kekuatan, dan karakteristik serupa. Penelitian terhadap berbagai persyaratan yang dibutuhkan dalam ratusan pekerjaan telah mengidentifikasi sembilan kemampuan dasar yang tercakup dalam kinerja dari tugas-tugas fisik. Setiap individu memiliki kemampuan dasar tersebut berbeda-beda.

D. Kesesuaian Kemampuan-Pekerjaan
Kemampuan intelektual atau fisik tertentu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan memadai bergantung pada persyaratan kemampuan dan pekerjaan tersebut. Sebagai contoh, pilot pesawat terbang membutuhkan kemampuan visualisasi spasial yang kuat; petugas penjaga pantai membutuhkan kemampuan visualisasi spasial yang kuat dan koordinasi tubuh yang baik; eksekutif senior membutuhkan kemampuan verbal; dan pekerja konstruksi yang tinggi membutuhkan keseimbangan.

E. Contoh Kemampuan (Capability)
1. Kecakapan Akademik
a. Membaca
b. Logika
c. Alasan kritis

2. Komunikasi antarpribadi
a. Pidato: mendengarkan, berbicara
b. Komunikasi nonverbal
c. Melek huruf: menulis, membaca

3. Keterampilan motorik
a. Berjalan, seni, kerajinan tangan, olahraga
b. Buruh terlatih
c. Keahlian inovasi


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Kemampuan (Capability), Konsep, Bentuk, Kesesuaian, dan Contohnya"