Definisi Discovery, Invention dan Innovation serta Contohnya

Pengertian Discovery Invention dan Innovation
Discovery, Invention dan Innovation
A. Discovery, Invention dan Innovation
Discovery, invention, dan innovation dapat diartikan dalam bahasa Indonesia penemuan, maksudnya ketiga kata tersebut mengandung arti ditemukannya sesuatu yang baru, baik sebenarnya barangnya itu sendiri sudah ada sejak lama, kemudian baru diketahui atau memang benar-benar baru dalam arti sebelumnya tidak ada. Demikian pula mungkin hal yang baru itu diadakan dengan maksud untuk mencapai tujuan tertentu. Inovasi dapat menggunakan diskoveri atau invensi.

B. Discovery dan Invention

Salah satu yang mempengaruhi adanya perubahan sosial budaya pada masyarakat adalah adanya faktor internal berupa suatu proses discovery dan invention. Adanya discovery dan invention berpengaruh pada perubahan unsur-unsur sosial dan budaya dalam kehidupan masyarakat. Beberapa ahli memberikan pengertiannya mengenai konsep discovery dan invention di antaranya,
1) Ralph Linton, discovery sebagai suatu penemuan yang memiliki sifat sebagai suatu penambahan terhadap pengetahuan yang ada. Sedangkan invention sebagai suatu proses penerapan terhadap penambahan pengetahuan tersebut
2) Hariso, discovery merupakan suatu penemuan terhadap suatu benda atau materiil baru yang masih bersifat dasar atau belum memiliki suatu bentuk tertentu. Sedangkan invention merupakan suatu penemuan terhadap benda atau materiil yang masih sederhana tetapi sudah memiliki bentuk tertentu.
3) Parsudi Suparlan, discovery merupakan suatu penemuan persepsi baru menyangkut hakikat suatu gejala atau pun hubungan beberapa gejala. Sedangkan invention diartikan sebagai suatu ciptaan baru yang berupa suatu benda atau pengetahuan melalui proses penggabungan pengetahuan-pengetahuan yang bersangkutan yang telah ada sebelumnya.

C. Discovery
Discovery merupakan suatu penemuan terhadap unsur-unsur baru berupa benda atau materiil yang ditemukan baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Unsur baru tersebut juga dapat berupa sesuatu yang sudah ada tetapi belum diketahui banyak orang atau sesuatu yang diciptakan alami dari alam untuk kepentingan umat manusia. Contoh discovery di antaranya,
1) Penemuan Benua, sebenarnya suatu benua memang sudah ada dalam waktu yang lama tapi belum banyak diketahui oleh banyak orang dan dimanfaatkan oleh umat manusia, sehingga ketika seseorang dengan kemampuannya dapat menemukan benua tersebut maka terjadilah suatu discovery atau penemuan baru. Misalnya penemuan benua Amerika, benua Amerika memang sudah ada sejak awal dan sejak lama namun baru ditemukan pada tahun 1492 oleh Columbus.
2) Penemuan Batik, menurut beberapa sumber, batik pertama ditemukan oleh kalangan petani pada zaman kerajaan Mataram. Sehingga batik dikenal sebagai warisan budaya leluhur bangsa Indonesia yang sudah ada sejak jaman dahulu, khususnya di daerah Jawa. Sekarang batik merupakan suatu perpaduan antara seni dengan teknologi dari para leluhur yang memiliki nilai yang tinggi.
3) Penemuan Obat Alami, banyak penemuan-penemuan baru menyangkut pengobatan alami yang menggunakan bahan-bahan alam yang sudah ada tetapi belum diketahui manfaatnya bagi umat manusia. Sehingga beberapa ahli kesehatan berupaya dengan sengaja untuk menciptakan berbagai macam obat alami untuk berbagai macam penyakit.
4) Penemuan Robot, semakin berkembangnya zaman juga berpengaruh terhadap banyaknya penemuan-penemuan baru, termasuk dalam dunia teknologi seperti banyak ditemukannya robot-robot canggih untuk membantu mempermudah manusia dalam berbagai bidang.
5) Penemuan Kertas Penghisap Tinta, kertas penghisap tinta ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang karyawan pabrik kertas. Karyawan tersebut lupa untuk memasukkan bahan tertentu kedalam suatu campuran bahan pembuat kertas.

D. Invention
Proses invention juga menyangkut usaha-usaha yang biasanya disengaja atau dengan sungguh-sungguh untuk menciptakan suatu hal baru. Di mana biasanya dilakukan suatu uji coba secara berulang kali hingga benar-benar menciptakan suatu unsur yang baru dan bagus atau berbeda dari sebelumnya. Demikian, Invention merupakan suatu hal yang benar-benar baru (new), yang belum pernah ada sebelumnya, benar-benar hasil kreasi manusia yang belum pernah dijumpai/ditemukan. Munculnya ide, atau kreativitas yang baru itu tentu didasarkan pada pengalaman dan pengamatan ataupun hal-hal yang sudah ada tetapi wujud ditemukanya adalah baru. Contoh invention di antaranya:
1) Penemuan Alat Komunikasi, misalnya pesawat radio merupakan sebuah invention, karena memerlukan suatu usaha atau upaya yang disengaja dan diperlukan beberapa kali percobaan. Dalam penemuannya juga terdapat suatu proses pengembangan secara terus menerus sehingga bertemu hasil yang sempurna.
2) Penemuan Alat Transportasi, penemuan alat transportasi sebagai suatu invention karena menyangkut suatu proses perkembangan yang bersifat terus-menerus. Alat transportasi juga dapat berpengaruh terhadap bidang kehidupan lainnya, sebagai contoh adalah penemuan pesawat.
3) Penemuan Berbagai Macam Teori, biasanya penciptaan terhadap teori baru tetap didasarkan bada teori atau hal-hal yang sudah ada sebelumnya. Di mana tentu saja, ide atau gagasan dan kreativitas yang baru muncul disebabkan karena adanya hasil pengamatan, pengalaman, dan pengembangan terhadap hal-hal yang sudah ada sebelumnya. Namun tetap, hasil yang ditemukan berwujud sesuatu yang benar-benar baru.

E. Innovation
Kata inovatif berasal dari bahasa inggis innovate yg artinya memperkenalkan sesuatu yg baru, sedangkan innovative berarti bersifat memperbarui. Selain berasal dari bahasa inggris, Inovasi juga berasal dari bahasa latin Innovation yang berarti pembaruan dan perubahan. Inovasi (innovation) ialah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invention maupun diskoveri. Inovasi diadakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu. Berikut beberapa pengertian inovasi menurut ahli di antaranya,
1) Ansyar, Nurtain (1991), menjelaskan bahwa inovasi adalah gagasan, perbuatan, atau sesuatu yang baru dalam konteks sosial tertentu untuk menjawab masalah yang dihadapi.
2) Donald P. Secara (e 1982), suatu inovasi adalah suatu gagasan untuk memenuhi beberapa sosial pengenalan dan secara baru atau untuk bermakna dalam memenuhi beberapa sosial.
3) Huberman (1973:5), inovasi adalah pemilihan yang kreatif, pemanfaatan dan organisasi sumber daya material dan manusia dijalan unik dan baru yang akan menghasilkan dalam pencapaian dari suatu tujuan untuk tingkat yang lebih tinggi prestasi untuk gol yang digambarkan dan sasaran hasil.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Definisi Discovery, Invention dan Innovation serta Contohnya"