Definisi Konsolidasi dalam Sosiologi

Pengertian Konsolidasi dalam Sosiologi
Konsolidasi

Istilah konsolidasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perbuatan (hal dan sebagainya) memperteguh atau memperkuat (perhubungan, persatuan, dan sebagainya). Secara umum istilah konsolidasi memiliki pengertian sebagai suatu tindakan atau juga upaya untuk menyatukan atau juga memperkuat serta memperteguh hubungan antara dua kelompok bahkan lebih sehingga terbentuknya sebuah persatuan yang lebih kuat.

Dalam sosiologi konsolidasi merupakan suatu bentuk penguatan keanggotan masyarakat di dalam kelompok sosial yang terdiri dari berbagai elemen yaitu agama, suku, gender, status sosial, serta lainnya. Tujuan utama konsolidasi adalah untuk mempersatukan setiap elemen tersebut melalui kesamaan tujuan yang dimiliki bersama. Istilah konsolidasi sendiri dalam sosiologi digunakan ketika suatu kelompok mendapat atau merasa mendapatkan ancaman dari luar kelompok mereka sendiri, dengannya konsolidasi memiliki makna kegiatan yang dilakukan untuk memperteguh, memperkuat, mempersatukan atau menghubungkan beberapa hal menjadi satu dalam rangka menghadapi ancaman tersebut.


Dari berbagai sumber 

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Definisi Konsolidasi dalam Sosiologi"